Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran penemuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) pada mata pelajaran IPA kelas V di UPT SPF SDN Tidung.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V UPT SPF SDN Tidung yang berjumlah 20 orang, yang terdiri dari 12 orang putra dan 8 orang putri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Discovery Learning untuk meningkatkan keterampilan HOTS dapat terlaksana dengan skor rata-rata pada Siklus I sebesar 57,5 dan tingkat keberhasilan pembelajaran klasikal sebesar 40% sehingga dapat meningkatkan keterampilan HOTS. Hasil uji profisiensi diperoleh nilai rata-rata Siklus II sebesar 78 dan tingkat keberhasilan pembelajaran klasikal sebesar 90%. Oleh karena itu, siklus III tidak perlu dilakukan karena nilai rata-rata meningkat dari siklus I ke siklus II. Dilanjutkan dengan penerapan Discovery Learning untuk meningkatkan High Order Thinking Skills (HOTS) pada mata pelajaran IPA Kelas V di UPT SPF SDN Tidung.
Copyrights © 2025