Tujuan penelitian ini membahas tentang strategi pembinaan kepala sekolah, keterlibatan guru dan dampak strategi pembinaan kepala sekolah dalam membentuk guru hebat untuk pendidikan unggul menuju indonesia kuat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembinaan kepala sekolah di SDN Semangat Dalam 2, yaitu: a) supervisi kelas, limkimgam kelas, b) meminta guru untuk mengikuti pelatihan, seminar, diklat dan workshop , c) membentuk tim kalaborasi guru, d) memberikan support/ dorongan, dan e) memberikan fasilitas dan sarana prasaran yang dibutuhkan secara maksimal. Sedangkan keterlibatan guru di SDN Semangat Dalam 2, yaitu dengan: a) kepala sekolah mengikutsertakan guru untuk mengikuti kegiatan, dan b) Kepala sekolah membuka ruang diskusi untuk membuat rencana tindak lanjut. Terakhir, dampak strategi pembinaan kepala sekolah, yaitu: a) guru dapat mengembangkan kompetensinya, b) guru memiliki kepercayaan diri yang tinggi untuk dapat mengembangkan diri dan saling berbagi, dan c) meningkatkan mutu sekolahÂ
Copyrights © 2025