Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan digital content creator bagi guru di Pondok Pesantren (Ponpes) Ulil Albab Alja'afariyah. Melalui pendekatan holistik, penelitian ini mengidentifikasi kebutuhan spesifik guru dalam pengetahuan dan keterampilan digital serta nilai tambahnya dalam konteks pendidikan ponpes. Penelitian ini merancang kurikulum yang mencakup dasar-dasar pembuatan konten digital, pengeditan, penulisan kreatif, manajemen merek pribadi, dan pemasaran konten. Program pelatihan dilaksanakan melalui sesi terstruktur yang melibatkan ceramah, diskusi, dan praktik langsung. Guru diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan pengetahuan mereka dalam proyek praktis seperti membuat blog, video, atau konten media sosial dengan mendapatkan pendampingan. Hasil kuesioner sebelum dan sesudah pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pengetahuan awal, keterampilan teknologi, serta kesiapan implementasi. Pelatihan ini tidak hanya memberikan keterampilan teknis tetapi juga membantu guru memahami peran keterampilan digital content creator dalam berkomunikasi dan berkolaborasi, diharapkan menjadi generasi yang terampil dan kreatif di era digital. Integrasi keterampilan digital dengan pendidikan agama di ponpes memungkinkan para guru mengembangkan keterampilan teknis sambil tetap mempertahankan nilai-nilai agama dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2025