Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan alat peraga pada mata pelajaran (IPA) terhadap hasil belajar kelas III. Subjek dalam penelitian ini yaitu Mis Al-Khoirot Pematangsiantar. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain two group pretest-posttest design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga terhadap mata pelajaran IPA dapat meningkat dengan hasil nilai kelas A sebesar 83.00 dan kelas B sebesar 78.00. dengan kategori baik. Analisidata yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan uji normalitas data, uji homogenitas, dan uji t berpasangan. Dari hasil pengujian tersebut data dinyatakan berdistribusi normasl dan data homogeny maka selanjutnya data uji hipotesis dengan uji hipotesis t berpasangan dengan teknik independent Sampel test dan didapatkan hasil pada kelas eksperimen yaitu sebesar sig 0,043 maka Ho ditolak dan Ha diterima karena sig 0,043 < α 0,05. Kemudian Pada kelas kontrol yaitu sebesar sig 0,042 maka Ho ditolak dan Ha diterima karena sig 0,042 < α 0,05. Maka dari hasil uji hipotesis terhadap pengaruh penggunaan alat peraga dinyatakan meningkat terhadap hasil belajar peserta didik
Copyrights © 2024