Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi
Vol 7, No 6 (2024): Desember 2024

Perancangan Game Edukasi Menggunakan Construct2 pada Pembelajaran Informatika Kelas VIII di SMPN 7 Bukittinggi

Febriyanti, Della (Unknown)
Derta, Sarwo (Unknown)
Efriyanti, Liza (Unknown)
Okra, Riri (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2024

Abstract

Abstrak - Penelitian ini berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti saat sesi belajar hening dengan guru mata pelajaran Informatika di SMPN 7 Bukittinggi. Terdapat beberapa informasi bahwa materi ajar yang dibagikan guru kurang efektif dalam mendorong siswa untuk belajar. Selain itu, meskipun SMPN 7 Bukittinggi telah mengadopsi kurikulum Merdeka, masih terdapat kekurangan paket buku teks yang menyebabkan siswa menjadi pendiam di kelas. Berdasarkan temuan tersebut, peneliti merasa perlu untuk menggunakan permainan edukatif sebagai alat bantu mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan permainan edukatif yang sah, praktis, dan efektif menggunakan konstruk 2 untuk kelas literasi informasi. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RD) atau yang sering disebut metode studi dan pengembangan. Model pengembangan media Luther Sutopo terdiri dari delapan tahap, yaitu konsep, desain, pengadaan material, produksi, pengujian, dan distribusi. Model ini digunakan sebagai pengganti. Berdasarkan hasil penelitian, media yang digunakan reliabel, praktis, dan efektif. Hasil ini dipengaruhi oleh hasil evaluasi produk yang menunjukkan skor untuk validitas (0,81), kepraktisan (0,81), dan efektivitas (0,81). Kata kunci: Construct2, Game Edukasi, Informatika  Abstract - This study is based on the results of observations conducted by researchers during a silent study session with social studies teachers at SMPN 7 Bukittinggi. There is some information that the teaching materials distributed by teachers are less effective in encouraging students to learn. In addition, although SMPN 7 Bukittinggi has adopted the Merdeka curriculum, there is still a lack of textbook packages that cause students to be quiet in class. Based on these findings, researchers feel the need to use educational games as teaching aids. The purpose of this study is to develop valid, practical, and effective educational games using construct 2 for information literacy classes. This study uses the Research and Development (RD) method or often called the study and development method. Luther Sutopo's media development model consists of eight stages, namely concept, design, material procurement, production, testing, and distribution. This model is used as a substitute. Based on the results of the study, the media used is reliable, practical, and effective. These results are influenced by the results of the product evaluation which showed low scores for validity (0.81), practicality (0.81), and effectiveness (0.81).Keywords: Construct2, Educational Game, Informatics

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jnkti

Publisher

Subject

Aerospace Engineering Automotive Engineering Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Electrical & Electronics Engineering Engineering Neuroscience Transportation

Description

Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi adalah jurnal nasional yang diterbitkan oleh Program Studi Teknik Komputer Universitas Serambi Mekkah tahun 2018 dan telah Terakreditasi SINTA 5. Jurnal ini terbit sebanyak enam edisi dalam satu tahun yaitu setiap bulan Februari, April, Juni, ...