Abstrak - Dampak perkembangan teknologi iformasi dan komunikasi di bidang pendidikan sangat mempengaruhi proses belajar mengajar di berbagai jenjang baik di pendidikan dasar,menengah,dan tinggi, pendidikan TK(taman kanak kanak) merupakan jenjang pendidikan bagi anak anak yang berusia 4 sampai 6 tahun.pembelajaran yang sering di lakukan oleh guru TK IT Al-Khansa adalah dengan metode ceramah sehingga anak anak cepat bosan dan jenuh.hal ini menjadi masalah bagi anak anak TK IT Al-Khansa dalam melakukan pembelajaran. Oleh karna itu di buatlah “Perancangan Media Pembelajaran Interkatif pengenalan hewan herbivora berbasis Augmented Reality,untuk taman Kanak-Kanak" yang ditujukan untuk anak-anak Taman Kanak-Kanak(TK), dengan adanya media ini dapat membantu anak anak untuk mengetahui macam macam nama dan gambar hewan herbivora di nlengkapi dengan suara.dengan memenggunakan metode Research and Development (RD). penelitian ini dimulai dengan menganalisis kebutuhan dan merancang konten yang sesuai untuk anak-anak.Penelitian ini menghasilkan sebuah media pembelajaran 3D dengan nilai 87% dah ahli materi 87% dan hasil dari angket responden 88% sangat layak di gunakan.Kata kunci: Media pembelajaran, Assamblr, Research And Development,Interaktif Abstract - The impact of the development of information and communication technology in the field of education greatly influences the teaching and learning process at various levels in primary, secondary and higher education. Kindergarten education is a level of education for children aged 4 to 6 years. Frequent learning carried out by the Al-Khansa IT Kindergarten teacher using the lecture method so that children quickly get bored and fed up. This is a problem for the Al-Khansa IT Kindergarten children in learning. For this reason, "Designing interactive learning media for introducing herbivorous animals based on Augmented Reality, for Kindergarten" was created, aimed at Kindergarten children. With this media, it can help children to know various names. and pictures of herbivorous animals accompanied by sound. Using the Research and Development (RD) method, this research began by analyzing needs and designing content that is suitable for children. This research produces learning media 3D with a score of 87% and 87% material expert and 88% results from the respondent questionnaire are very suitable for use.Keywords: Learning media, Assamblr, Research And Development, Interactive
Copyrights © 2025