Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Vol 6, No 1 (2025)

Peningkatan Hasil Belajar Perkalian pada Siswa Kelas 3 SD Melalui Problem Based Learning dengan Media Keranjang P4

Lestari, Nimas Wina (Unknown)
Malahayati, Eva Nurul (Unknown)
Widiastuti, Sripit (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar perkalian pada siswa kelas 3 SD melalui Problem Based Learning (PBL) dengan media keranjang P4, yang fokus pada keterampilan pemecahan masalah, pemahaman konsep matematika, dan penguatan kemampuan berpikir kognitif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Quasi Eksperimental tipe Non-Equivalent Control Group. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas III SDN Kanigoro 03 Kabupaten Blitar, dengan sampel kelas IIIA (kontrol) dan kelas IIIB (eksperimen), masing-masing 26 siswa, dipilih melalui purposive sampling. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi untuk memantau proses pembelajaran dan tes terdiri dari 25 soal (15 pilihan ganda dan 10 isian singkat) untuk mengukur kemampuan kognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model PBL dengan media keranjang P4 pada ranah kognitif, khususnya dalam operasi hitung perkalian dalam uji statistik Paired Samples t-test mengonfirmasi perbedaan signifikan antara nilai pre-test dan post-test pada kedua kelompok dengan nilai probabilitas (Sig.) 0.000, artinya menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar kognitif siswa. Dengan demikian, model PBL berbantuan media keranjang P4 terbukti lebih efektif dibandingkan metode konvensional dalam meningkatkan hasil belajar kognitif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

afeksi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is one of the media for dissemination of information research results in the field of education which aims to communicate the various results of studies that can serve as the basis of scientific development to create educational innovation that ...