Tren pembelajaran 4.0 sebagai bentuk respon revolusi industri 4.0 yang dianggap sesuai dengan perkembangan zaman. Sebagai implementasi dari tren pembelajaran 4.0, penggunaan teknologi informasi dan komunikasi di dunia pendidikan semakin gencar. Optimalisasi dilakukan dengan memaksimalkan suatu fungsi objektif dengan tidak melanggar batasan yang ada. Masalah penelitian yaitu Perubahan pendidikan di era digital mengharuskan guru/dosen memiliki kemampuan mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi ke dalam proses pembelajaran. Tantangan revolusi industri 4.0 ini juga dirasakan oleh para dosen, terutama dosen di Perguruan Tinggi Agama Islam. Tulisan ini bertujuan ntuk menganalisis bagaimana upaya optimalisasi pembelajaran Bahasa Arab berbasis teknologi informasi dan komunikasi di era revolusi industri 4.0 pada lembaga bimbingan bahasa bagi penutur asing dalam rangka menunjang persiapan calon mahasiswa baru Universitas Al-Azhar Mesir. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan melakukan observasi lapangan dengan wawancara langsung. Adapun temuan dan kesimpulan yang diperoleh adalah Analisis mengenai upaya optimalisasi pembelajaran Bahasa Arab berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di era revolusi industri 4.0 pada lembaga bimbingan bahasa bagi penutur asing menunjukkan pentingnya persiapan calon mahasiswa baru Universitas Al-Azhar Mesir. Dengan mengadopsi TIK dalam pembelajaran, lembaga ini memungkinkan mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan bahasa Arab secara lebih efektif, mengikuti perkembangan teknologi, dan siap menghadapi tuntutan pembelajaran di era digital.
Copyrights © 2023