Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi dukungan sosial dan stres akademik terhadap kesejahteraan subjektif mahasiswa. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 69 mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Mulawarman yang dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan skala kesejahteraan subjektif, persepsi dukungan sosial dan stres akademik. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Data yang terkumpul dianalisis dengan bantuan program Statistical for Social Science versi 25.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh signifikan antara persepsi dukungan sosial dan stress akademik terhadap kesejahteraan subjektif mahasiswa dengan nilai F hitung = 42.439 > F tabel = 3.13 dan nilai p = 0.000 serta memiliki kontribusi pengaruh R2 sebesar 56.3%: (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara persepsi dukungan sosial terhadap kesejahteraan subjektif dengan nilai koefisien beta (?) = 0.509, t hitung = 5.382 > t tabel = 1.996, dan nilai p = 0.000 (p < 0.05); (3) terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara stres akademik terhadap kesejahteraan subjektif dengan nilai koefisien beta (?) = 0.350, t hitung = 3.695 > t tabel = 1.996, dan nilai p = 0.000 (p < 0.05).
Copyrights © 2024