JIPMukjt:Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Djati
Vol 6 No 1 (2025): Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati

Bahan Ajar Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) Bermuatan “Sigale-Gale” Sebagai Upaya Mendukung Internasionalisasi Bahasa

Yuliva Gining-Gining Rumboy (Unknown)
Kamila, Lintang Rona (Unknown)
Kusuma, Antonia Rei (Unknown)
Nur Mahfira, Fotina Alya (Unknown)
Saddhono, Kundharu (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2025

Abstract

Artikel ini membahas pengembangan bahan ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) yang bermuatan budaya "Sigale-Gale", sebuah legenda khas Sumatera Utara. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya minat warga asing untuk mempelajari bahasa Indonesia dan pentingnya integrasi budaya dalam pembelajaran bahasa. Sigale-Gale, sebuah patung kayu yang digunakan dalam upacara adat masyarakat Batak, memiliki nilai historis dan filosofis yang kaya. Artikel ini meneliti bagaimana nilai-nilai budaya dalam Sigale-Gale dapat diintegrasikan ke dalam bahan ajar BIPA untuk mendukung internasionalisasi bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sigale-Gale memiliki potensi besar sebagai bahan ajar BIPA karena mengandung nilai-nilai budaya seperti ketakwaan, keselarasan dengan alam, dan simbolik dalam kehidupan sosial. Pengembangan bahan ajar BIPA bermuatan Sigale-Gale diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman interkultural pelajar asing, serta memperkenalkan budaya Indonesia kepada dunia internasional.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPMUKJT

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JIPMukjt:Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Djati terbit dua kali setahun bulan Juni dan Desember dengan proses peer review dan open akses. Pembelajar memiliki e-ISSN: 2774-616x dan p-ISSN: 2721-1339 Menerima tulisan hasil pemikiran dan hasil penelitian. JIPMukjt:Jurnal Ilmu Pendidikan ...