Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika
Vol. 8 No. 1 (2023): Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika

E-Modul Matematika Berbasis Kontekstual untuk Mengembangkan Kemampuan Numerasi Siswa SMP

Silva Yuliana Safitri (Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Supriyono (Unknown)
Erni Puji Astuti (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui proses pengembangan dan kelayakan e-modul matematika berbasis kontekstual untuk mengembangkan kemampuan numerasi siswa SMP. Penelitian ini termasuk jenis penelitian R&D dengan model ADDIE. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, angket, dan tes. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi penilaian e-modul matematika oleh ahli untuk mengukur validitas, angket respon siswa dan guru untuk mengukur kepraktisan, dan hasil tes evaluasi untuk mengukur keefektifan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 20 Purworejo. Analisis data dalam penelitian ini meliputi analisis data validitas ahli, analisis data respon siswa dan guru, analisis data ketuntasan tes kemampuan numerasi. Hasil analisis data dari penilaian ahli terhadap e-modul yang dikembangkan sebesar 3,5 dengan kriteria valid, dari analisis data angket respon siswa sebesar 82,88% dan angket respon guru sebesar 75% dengan kriteria positif, dari hasil tes kemampuan numerasi siswa diperoleh persentase ketuntasan belajar sebesar 92,31% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, e-modul matematika ini dinyatakan layak dengan kriteria valid, praktis, dan efektif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Gammath : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika is a scientific journal in the field of mathematics education and mathematics. This journal is open to all research approaches. It is published by Universitas Muhammadiyah Jember since March 2016. It provides an academic platform for ...