Belajar Bahasa : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 7 No 1 (2022): BELAJAR BAHASA : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indones

Analisis Sara Mills dalam Pemberitaan Pelecehan Seksual Mahasiswa Riau Pada Berita CNNindonesia.com

Ahsin, M. Noor (Unknown)
Nugraheni, Molas Warsi (Unknown)
Sumarlam, Sumarlam (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2022

Abstract

Kasus pelecahan banyak terjadi di berbagai tempat. Tidak sedikit korban yang diam  dan enggan melapor kepada pihak berwajib. Banyak korban yang malu jika aib yang dialaminya kemudian menjadi konsumsi publik.Meskipun demikian, ada juga korban yang berani melaporkan kasus pelechan seksual dan kemudian menjadi viral karena diberitakan di berbagai media massa.  Seperti kasus pelecehan seksual yang di salah satu kampus di Riau kemudian ramai karena diberitakan di berbagai media salah satunya di portal berita cnnindonesia.com. Pemberitaan kasus pelecehan yang ditulis  tersebut menarik untuk dikaji. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis titik letak subjek objek dan titik letak penulis pembaca yang terdapat dalam pemberitaan pelecehan seksual di media cnnindonesia.com pada bulan November 2021. Jenis dar penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sedangkan subjek penelitian adalah pemberitaan pelecehan seksual cnnindonesia.com pada bulan November 2021. Perolehan data menggunakan analisis kritis dari berita pelecehan seksual di cnnindonesia dengan Analisis Wacana Kritis (AWK) Sara Mills. Dari hasil analisis data penelitian, diperoleh data bahwa analisis Sara Mills mengarah pada kajian feminism, dan dapat mengungkapkan seberapa besar peran pelaku terhadap pelecehan seksual yang dilakukannya. Wacana berita tersebut menunjukkan adanya keberpihakan penulis terhadap korban. Sementara, pihak tersangka tidak memperoleh suara dalam pandangan masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan analisis Subjek-objek serta posisi penulis-pembaca yang jarang mengekspos perasaan tersangka.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

BB

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Belajar Bahasa: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan (eISSN: 2503-0329 and pISSN: 2502-5864 ) adalah Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Dikelola oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan diterbitkan oleh ...