Belajar Bahasa : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 8 No 1 (2023): Belajar Bahasa: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia

Ketidaksantunan Berbahasa dalam Acara ILC Episode “Cerita Berbelit Pembunuhan Yosua: Kebohongan Apa Lagi yang Belum Terungkap

Kadyaningsih, Rina (Unknown)
Pramujiono, Agung (Unknown)
Indrayanti, Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: “Bagaimana wujud dan subkategori ketidaksantunan berbahasa dalam acara ILC episode cerita berbelit pembunuhan yosua: kebohongan apa lagi yang belum terungkap?”. Berdasarkan rumusan masalah, tujuan dalam penelitian ini, yaitu untuk mendeskripsika wujud dan strategi ketidaksantunan berbahasa dalam acara kanal youtube ilc episode cerita berbelit pembunuhan yosua: kebohongan apa lagi yang belum terungkap. Jenis  penelitian  ini  adalah  penelitian  kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dokumentasi untuk penelitian ini menggunakan simak bebas libat cakap. Dalam penganalisisan data peneliti menggunakan metode deskriptif. Wujud tuturan ketidaksantunan berbahasa ditemukan kategori asertif subkategri mengatakan tiga tuturan, subkategori melaporkan empat tuturan, subkategori menyebutkan dua tuturan. Kategori direktif subkategori menyuruh satu tuturan, subkategori memohon satu tuturan, subkategori menuntut dua tuturan, subkategori menyarankan satu. Interogtif satu tuturan. Strategi ketidaksantunan berbahasa yang ditemukan dalam ranah diskusi kasus ferdy sambo pada acara ILC dalam kategori kesembronoan tiga tuturan subkategori (asosiai dengan ungkapan, sinisme dengan ejekan), tiga tuturan main-mainkan muka sepihak (mencerca dengan ejekan, meremehkan dengan sinisme), tiga tuturan melecehkan muka (memerintah beserta kata-kata kasar, mencerca dengan ejekan), dua tuturan mengancam muka (mempringatkan dengan ungkapan kasar, menyuruh dengan ungkapan kasar), dan empat tuturan menghilangkan muka (memperingatkan dengan sindiran, memerintah dengan sindiran, memperingatkan dalam analogi negatif, mengingatkan dengan perumpaan hiperbola, memperingatkan dengan sindiran).  

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

BB

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Belajar Bahasa: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan (eISSN: 2503-0329 and pISSN: 2502-5864 ) adalah Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Dikelola oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan diterbitkan oleh ...