Belajar Bahasa : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 8 No 2 (2023): Belajar Bahasa: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesi

Representasi Kebijakan Pendidikan di Indonesia dalam Novel Bakri, Sang Guru Demonstran Karya Isno El Kayyis

Fitzgelard, Arsyita Rahma (Unknown)
Sasmi, Dwi Andini Arditya (Unknown)
Susanto, Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Karya sastra menjadi wadah pengarang untuk menciptakan dunia imajinatif atau menggambarkan realitas yang ada dalam kehidupan manusia. Dalam penelitian ini, penulis menganalisis novel Bakri, Sang Guru Demonstran dari aspek sosial yang menyajikan situasi sosial dan cerminan sosial masyarakat mengenai masalah pendidikan di Indonesia pada saat ini. Novel ini mengangkat isu-isu pendidikan yang sampai sekarang masih menjadi masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tanggapan sosial novel Bakri, Sang Guru Demonstran atas kebijakan pendidikan di Indonesia dengan menggunakan pendekatan sosiologi sastra. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik baca dan catat. Pendekatan sosiologi sastra Ian Watt membagi objek kajiannya menjadi tiga macam klasifikasi yang berbeda, yaitu: (1) Konteks sosial pengarang, (2) Situasi sosial, dan (3) Cermin sosial masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukkan latar sosiologis pengarang yang juga berprofesi sebagai guru di berbagai yayasan. Kemudian, situasi sosial ketika karya sastra terbit yaitu pada saat kurikulum 2013 telah ditetapkan. Melalui cerminan sosial masyarakat dalam novel Bakri, Sang Guru Demonstran, diingatkan akan pentingnya memahami dan menghormati peran serta hak asasi guru dalam dunia pendidikan. Teks ini mewakilkan kelompok guru sebagai tenaga pendidik dan mencerminkan situasi sosial pada tahun 2010-an. Novel ini juga mengkritik pemerintah yang senantiasa mengganti kebijakan di saat kebijakan sebelumnya belum terlaksana dengan sempurna.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

BB

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Belajar Bahasa: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan (eISSN: 2503-0329 and pISSN: 2502-5864 ) adalah Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Dikelola oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan diterbitkan oleh ...