Belajar Bahasa : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 9 No 2 (2024): Belajar Bahasa: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesi

Literasi Digital dalam Penulisan Karya Tulis Ilmiah Pada Mahasiswa

Nurhayati, Eni (Unknown)
Suyanto, Suyanto (Unknown)
Sodiq, Syamsul (Unknown)
Roni, Roni (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Mar 2025

Abstract

Artikel ini mengeksplorasi peran penting literasi digital dan kecerdasan buatan (AI) dalam penulisan karya ilmiah di kalangan mahasiswa, khususnya di era Society 5.0. Meskipun AI menawarkan alat bantu yang dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas penulisan, seperti DeepL, Humata, dan ChatGPT, penggunaannya juga menimbulkan risiko plagiarisme dan pelanggaran etika. Artikel ini menekankan pentingnya pemahaman mendalam tentang materi penelitian dan penggunaan AI secara etis, termasuk memanfaatkan AI hanya untuk draf awal, memparafrase dan mengedit output, serta mencantumkan sumber referensi yang kredibel. Selain itu, artikel ini menyoroti pentingnya keterampilan seperti human focus skill dan sistem thinking untuk menghadapi tantangan kompleks di dunia modern. Pengembangan keterampilan ini di institusi pendidikan dianggap krusial untuk mempersiapkan lulusan menghadapi dunia kerja dan masyarakat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

BB

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Belajar Bahasa: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan (eISSN: 2503-0329 and pISSN: 2502-5864 ) adalah Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Dikelola oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan diterbitkan oleh ...