TARLIM : JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Vol. 7 No. 2 (2024): TARLIM Jurnal Pendidikan Agama Islam

Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Kesadaran Tadarus Al Qur’an Siswa

Ahmad (Universitas Muhammadiyah Gresik)
Ode Mohamad Man Arfa Ladamay (Universitas Muhammadiyah Gresik)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

SMP Muhammadiyah 4 Kebomas Merupakan sekolah yang memiliki siswa yang latar belakang yang mempunyai kemampuan di bidang yang berbeda-beda, ada yang bagus di bidang umumnya dan ada pula yang bagus di bidang keagamaannya. Oleh karana itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan Strategi pembelajaran PAI dalam menumbuhkan kesadaran tadarus al-Qur’an siswa SMP Muhammadiyah 4 kebomas dengan menggunakan metode tajdied yang di gunakan di SMP Muhammadiyah 4 Kebomas dalam pembelajaran sehari-hari. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dan jenis penelitian yang dipakai ialah deskritif kualitif. Informan yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observsi, wawancara dan dokumentasi. Setelah melakukan pengumpulan data akan di analisis menggunakan metode analisis datanya ialah deskriptif kualitatif. subjek penelitian berasal dari siswa dan guru PAI sekaligus ketua Ismuba. Sumber lain yang di gunakan peneliti ialah melalui dokumen dan jurnal jurnal seluruh kegiatan di SMP Muhammadiyah 4 kebomas. Dalam penelitian metode tajdied yang di gunakan, dapat terbukti sebagai metode utama yang efektif dan efisien untuk perkembangan belajar membaca dan menghafal al-Qur’an. Dan untuk kegiatan pembiasaan yang di lakukan yakni setiap hari sebelum masuk ke kelas masing-masing masing dengan pembagian siswa secara berkelompok yang sesuai dengan kemampuannya dengan  menggunakan sistem kasikal, guru membaca ayat yang di pelajari atau di hafalkan lalu siswa akan merespon apa yang di baca oleh guru tersebut dan itu di lakukan secara berulang-ulang. Hasilnya dengan menggunakan metode yang seperti itu bagi siswa terbukti sangat efesien. Terlihat dari hasil perubahan atau perkembangan setiap siswa yang sudah mengikuti program ini sudah banyak perkembangan baik dari segi membaca al-Qur’an ataupun menghafalkan al-Qur’an.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

TARLIM

Publisher

Subject

Religion Humanities Education

Description

Jurnal Pendidikan Agama Islam yang diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Jember dikelola oleh Prodi Pendidikan Agama Islam, memuat tema-tema yang membahas tentang : Pembelajaran Pendidikan Islam (Learning of Islamic Education), Manajemen Pendidikan Islam (Management of Islamic Education), ...