Pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang memiliki peran strategis dalam pembentukan karakter dan keilmuan masyarakat Indonesia. Namun, pengelolaan administrasi, khususnya dalam monitoring aktivitas peserta didik, menjadi tantangan seiring meningkatnya jumlah siswa. Pesantren Indonesia Berkah di Bandung, yang menaungi siswa dengan karakteristik dan kebutuhan beragam, menghadapi kesulitan dalam mencatat dan melaporkan aktivitas seperti hafalan, salat berjamaah, dan kegiatan lainnya secara efisien. Penggunaan Content Management System (CMS) yang telah terbukti efektif di sekolah umum menjadi solusi potensial untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi. Dengan CMS, pengelolaan data administrasi dapat dilakukan secara terpusat, memungkinkan guru dan admin untuk memantau serta melaporkan aktivitas kepada orang tua secara real-time. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan CMS yang sesuai dengan kebutuhan pesantren, guna mendukung proses pendidikan yang lebih baik.
Copyrights © 2025