Penelitian ini di latar belakangi oleh keterbatasan akses internet pesertadidik dan rendahnya tingkat partisipasi peserta didik dalam pembelajaran online. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan media pembelajaran google classroom dalam mata pelajaran Informatika pada peserta didik kelas VII di SMP Negeri 5 Kota Cilegon. Penelitian ini berfokus pada dua aspek utama: (1) persepsi peserta didik terhadap penggunaan google classroom, dan (2) proses pemanfaatan media pembelajaran tersebut dalam peningkatan pemahaman dan keterampilan peserta didik dalam bidang Informatika. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, instrument dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa google classroom dinilai positif oleh peserta didik, terutama karena kemudahan akses dan penggunaannya. Selain itu, proses pembelajaran dengan google classroom dapat meningkatkan partisipasi dan motivasi belajar peserta didik, meskipun masih terdapat beberapa kendala seperti akses internet yang terbatas dan kurangnya interaksi langsung antara guru dan siswa. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan google classroom sangat positif dan membantu peserta didik dalam proses belajar mengajar serta sangat relevan dengan dengan materi pembelajaran informatika.
Copyrights © 2025