Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 8 No. 1 (2025): Volume 8 No. 1 Tahun 2025

ANALISIS INSTRUMEN EVALUASI BERBASIS OTENTIK (KOGNITIF, AFEKTIF DAN PSIKOMOTOR)

Masni , Harbeng (Unknown)
Hutabarat, Zuhri Saputra (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan para guru tentang standarisasi instrumen penilaian, meningkatkan pemahaman para guru mengenai penilaian autentik, dan Meningkatkan motivasi para guru dalam hal inovasi pembelajaran. Metode pelatihan ini adalah kajian pustaka, dalam pelatihan ini dilaksanakan dengan tahapan persiapan, pelaksanaan yang dilanjutkan dengan penyampaian materi mengenai standarisasi penilaian pendidikan.Hasil penelitian ini: 1) Instrumen evaluasi yang masih belum standar, 2) Implementasi evaluasi yang dilakukan oleh para guru belum mencakup ranah penilaian secara keseluruhan, 3) Keterbatasan dalam hal inovasi dan kreativitas yang dimiliki oleh para guru dalam pengembangan pembelajaran di kelas. Oleh karena itu penelitian ini dapat disumpulkan dengan penilaian autentik menolong peserta didik untuk memahami kemampuan akademik mereka dan membantu pendidik untuk mengetahui cara terbaik untuk mengajar peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...