Penelitian bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh penggunaan media Google Sites dalam meningkatkan minat belajar pada siswa kelas IV SDN Cilegon 04. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian terdiri dari satu kelas di SDN Cilegon 04, yang terdiri dari 30 siswa. Dengan diberikan perlakuan menggunakan media Google Sites dalam pembelajara Informatika. Data minat belajar dikumpulkan menggunakan kuesioner setelah intervensi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji validitas, uji normalitas, uji regresi liniear sederhana, uji t dan uji koefisien determinasi (R2) untuk membandingkan perbedaan minat belajar antara menggunakan media Google Sites dengan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Google Sites memiliki dampak positif yang signifikan pada minat belajar siswa. Kelompok eksperimen yang menggunakan media Google Sites menunjukkan peningkatan yang lebih besar dalam minat belajar dibandingkan dengan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Temuan ini memberikan bukti bahwa penggunaan Google Sites dapat meningkatkan minat belajar siswa pada materi pembelajaran Informatika.
Copyrights © 2025