Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 8 No. 1 (2025): Volume 8 No. 1 Tahun 2025

EFEKTIVITAS PENDEKATAN MEDIASI DALAM MANAJEMEN KONFLIK GURU DAN SISWA: SEBUAH STUDI LITERATUR

Ahkami, Nazli (Unknown)
Asy'ari, Hasyim (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji efektivitas layanan mediasi dalam mengelola konflik antara guru dan siswa di lingkungan pendidikan. Konflik guru-siswa sering muncul akibat perbedaan pendekatan pembelajaran, komunikasi tidak efektif, dan ketidakpuasan dalam penilaian. Menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui studi literatur, penelitian ini menganalisis dinamika konflik guru-siswa dan peran mediasi sebagai strategi resolusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konflik guru-siswa memiliki dimensi ganda: dapat berfungsi sebagai katalisator perubahan positif yang mendorong inovasi pembelajaran dan peningkatan komunikasi, namun juga berpotensi menciptakan dampak destruktif jika tidak dikelola dengan baik. Layanan mediasi terbukti efektif dalam memfasilitasi dialog konstruktif dan menciptakan solusi win-win, meski efektivitasnya dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti ketimpangan kekuasaan, kompetensi mediator, dan dukungan institusional. Kesimpulannya, keberhasilan mediasi dalam konflik guru-siswa membutuhkan pendekatan holistik yang tidak hanya berfokus pada resolusi jangka pendek, tetapi juga pada pembentukan ekosistem pendidikan yang lebih inklusif dan berketahanan

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...