Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 8 No. 1 (2025): Volume 8 No. 1 Tahun 2025

TEORI KOGNITIF JEAN PIAGET DALAM PROSES PEMBELAJARAN IPS

Augusta De Jesus Magalhaes (STKIP Sinar Pancasila)
Putu Budi Adnyana (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Putu Wisna Ariawan (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Gede Astra Wesnawa (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini memfokuskan pada penerapan teori Jean Piaget dalam pembelajaran IPS. Jean Piaget merupakan pendiri pembelajaran konstruktivis. Jean Piaget memberikan pandangan bahwa pada dasarnya setiap siswa memiliki pengetahuan sebelum mereka diperlakukan dalam proses pembelajaran. Perkembangan kognitif juga mencakup teori perkembangan logika moral. Dimana pembelajaran erat kaitannya dengan sosial, nilai dan moralitas, pembelajaran studi sosial cenderung pada kognisi sosial sehingga mempengaruhi moralitas siswa, dan internalisasi nilai dan moral dalam pembelajaran IPS sangat perlu dipersiapkan dan direncanakan secara berkelanjutan. Semakin tinggi tingkat kognitif, semakin matang elemen komprehensif dan tanggung jawab dari seseorang tersebut, sehingga sikap dan tindakan mereka selalu berdampak pada tanggung jawab terhadap diri mereka sendiri dan lingkungan tempat mereka berada

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...