Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 8 No. 1 (2025): Volume 8 No. 1 Tahun 2025

FAKTOR PENUNJANG KEBERHASILAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN SISWA SEKOLAH DASAR

Hasanah, Uswatun (Unknown)
Masitoh, Siti (Unknown)
Dealova, Zahra Khairul (Unknown)
Yunus, Muhammad (Unknown)
Frimananda, Gilang Restu (Unknown)
Prihantini, Prihantini (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2025

Abstract

Keberhasilan proses pembelajaran siswa di sekolah dasar dipengaruhi oleh berbagai faktor, terutama motivasi, metode pembelajaran, dan lingkungan belajar. Motivasi belajar, baik intrinsik maupun ekstrinsik, memberikan dorongan utama bagi siswa untuk aktif dalam proses belajar. Metode pembelajaran yang inovatif, interaktif, dan relevan mampu meningkatkan keterlibatan siswa dan memperkuat pemahaman konsep. Selain itu, lingkungan belajar yang kondusif, baik fisik maupun sosial, mendukung kenyamanan dan konsentrasi siswa dalam belajar. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur untuk mengidentifikasi faktor-faktor tersebut dan menyusun rekomendasi untuk meningkatkan keberhasilan pembelajaran. Hasil analisis menunjukkan bahwa interaksi antara ketiga faktor tersebut sangat penting dalam menciptakan proses pembelajaran yang efektif dan berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...