Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 8 No. 1 (2025): Volume 8 No. 1 Tahun 2025

IMPLIKASI ANTARA KERANGKA KONSEPTUAL DENGAN LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH (LRA & LO) PADA DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN (DISPARBUD) JAWA TIMUR 2022

Temo Sukma Ayu (Universitas Trunojoyo Madura)
Nurul Fatmawati (Universitas Trunojoyo Madura)
Tarasyifa Ardhyazeta Nathahiella Putri (Universitas Trunojoyo Madura)
Febrianti Putri Fatias (Universitas Trunojoyo Madura)
Mohamad Djasuli (Universitas Trunojoyo Madura)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implikasi antara kerangka konseptual dengan laporan keuangan pemerintah (LRA & LO) pada Dinas sektor pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Timur 2022. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data penelitian dikumpulkan melalui studi literatur review dari berbagai jurnal publish yang terkait dengan penelitian ini serta PP 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintah Lampiran 1 terkait SAP berbasis Akrual. Data laporan keuangan yang dianalisis yaitu Laporan Realisasi Anggaran dan Laporan Operasional Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Timur tahun 2022. Hasil penelitian menunjukkan terdapat implikasi atas kedua laporan tersebut (LRA dan LO), LRA mengungkapkan rincian mengenai alokasi anggaran, realisasi pendapatan, pengeluaran, transfer, dan pembiayaan sejalan dengan persyaratan akuntansi berbasis akrual.  LO menyajikan rincian pendapatan, pengeluaran, dan kelebihan/defisit yang komprehensif dan konsisten. Hal tersebut sangat jelas menunjukkan bahwa ada implikasi yang kuat antara kerangka konseptual akuntansi pemerintah dan Laporan Realisasi Anggaran dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Timur tahun 2022

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...