Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 8 No. 1 (2025): Volume 8 No. 1 Tahun 2025

MENELUSURI RELASI MATEMATIS: PARADOKS ZENO DALAM KONTEKS KALKULUS DAN TEORI LIMIT

Nurliani Manurung (Universitas Negeri Medan)
Aisyah Nadila (Universitas Negeri Medan)
Asri Zulhalizah (Universitas Negeri Medan)
Annisa Yarmita (Universitas Negeri Medan)
Dinda Irwani (Universitas Negeri Medan)
Stevanus Binsar H. Sianipar (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi keterkaitan antara teori limit dan paradoks Zeno dalam konteks kalkulus dan pemahaman gerakan. Paradoks Zeno, khususnya kasus Achilles dan Kura-kura, menggugah pertanyaan mendalam tentang sifat gerakan dan pembagian ruang dan waktu yang tampaknya tak terhingga. Dengan menerapkan metode analisis deskriptif, penelitian ini menguraikan bagaimana teori limit dapat menjawab tantangan yang diajukan oleh Zeno, serta memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang konsep konvergensi dalam urutan tak terhingga. Melalui pembahasan yang komprehensif, penelitian ini juga menyoroti relevansi teori limit dalam pengembangan konsep matematis lainnya, seperti derivatif dan integral. Hasil penelitian menunjukkan bahwa limit bukan hanya solusi matematis untuk paradoks Zeno, tetapi juga alat yang penting dalam analisis gerakan, memungkinkan kita untuk memahami dan menggambarkan fenomena kompleks di dunia nyata. Dengan demikian, penelitian ini menegaskan pentingnya integrasi antara pemikiran matematis dan filosofis dalam menjelaskan realitas yang kita hadapi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...