Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terhadap komunikasi matematis siswa ditinjau dari self-efficacy pada materi Bilangan Berpangkat. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimen dengan design One-Group Pretest-Posttest. Sampel pada penelitian ini berjumlah 35 siswa kelas VIII dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Probality Sampling dengan jenis Simple Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes essay, angket self-efficacy, dan observasi kegiatan belajar mengajar. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini dilihat dari hasil . Adapun nilai koefesien determinasinya sebesar 34% dan setelah dimasukkan data variabel moderatornya nilai koefesien determinasinya meningkat menjadi 46,7%. Hal ini menunjukkan bahwa self-efficacy memperkuat hubungan anatara model pembelajaran inkuiri dan komunikasi matematis siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap komunikasi matematis siswa ditinjau dari self-efficacy. Penggunaan model pembelajaran inkuiri mampu menciptakan pembelajaran yang intraktif, sehingga siswa dapat lebih komunikatif dalam menyampaikan ide ataupun gagasan mereka dengan cukup percaya diri. This study aims to determine the effect of using the inquiry learning model on students' mathematical communication, which was reviewed from self-efficacy on Power Number material. The type of research used is Quasi Experiment with One-Group Pretest-Posttest design. The population and sample in this study were 35 eighth-grade students, with the sample taken using Probability Sampling with Simple Random Sampling type. The research instruments used were an essay test, a self-efficacy questionnaire, and an observation of teaching and learning activities. Data analysis techniques using a simple linear regression test. The research results can be seen in the t-count (4.124) t-table (2.035). The coefficient of determination value is 34%, and after the moderator variable data is entered, the coefficient determination value increases to 46.7%. It shows that self-efficacy strengthens the relationship between the inquiry learning model and students' mathematical communication. So, it can be concluded that the inquiry learning mode influences student mathematical communication regarding self-efficacy. Using the inquiry learning model can create interactive learning so the students can be more communicative in conveying their ideas with sufficient confidence.
Copyrights © 2024