Pulau Madura merupakan salah satu pulau di Indonesia yang terkenal dengan keunikan tradisi dan budayanya. Akan tetapi, banyaknya potensi kearifan lokal di madura tidak sebanding dengan minat generasi muda untuk mempelajari dan melestarikannya. Tujuan pengabdian masyarakat ini yaitu untuk mengoptimalkan kearifan lokal Madura sebagai media pembelajaran monopoli yang layak digunakan dalam pembelajaran. Pengabdian masyarakat dilakukan di SDN Gili Anyar pada kelas III. Kegiatan pengabdian ini menggunakan metode pengembangan media dan pelatihan. Adapun tahapan dalam pelaksanaan pengabdian meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil pengabdian ini berupa media pembelajaran monopoli berbasis kearifan lokal Madura yang layak dan mendapat respons sangat baik dari siswa. Media pembelajaran monopoli berbasis kearifan lokal Madura dapat memfasilitasi siswa untuk meningkatkan pemahaman dan partisipasi dalam pembelajaran IPAS. Pembelajaran menggunakan monopoli berbasis kearifan lokal Madura mampu mengenalkan siswa terhadap kebudayaan dan tradisi pulau Madura, sehingga dapat menjadi strategi untuk melestarikan kearifan lokal daerah. Pengabdian ini telah mencapai tujuan untuk melatih guru dalam mengoptimalkan pemanfaatan kearifan lokal Madura sebagai media pembelajaran.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024