Jurnal Kualitas Pendidikan
Vol 2 No 1 (2024)

Optimalisasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pendidikan Agama Islam untuk Membentuk Karakter Islami Dan Sifat Tanggung Jawab Siswa

Satriana, Satriana (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis optimalisasi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk membentuk karakter Islami dan sifat tanggung jawab siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus pada siswa tingkat menengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan CTL secara efektif dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai Islami serta memupuk tanggung jawab melalui kegiatan pembelajaran yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Penerapan strategi seperti pembelajaran berbasis masalah, diskusi kelompok, dan refleksi pribadi terbukti mampu meningkatkan keterlibatan siswa dan mendorong pembentukan karakter Islami. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan CTL sebagai pendekatan utama dalam PAI untuk menghasilkan siswa yang berkarakter dan bertanggung jawab.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jkp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Kualitas pendidikan is Published by CV. Edu Tech Jaya. This journal aims to publish and disseminate original works and current issues on the subject of research and studies in the field of education. Articles published in journals are the result of research or ideas in the field of education ...