Stres akademik adalah kondisi ketika individu tidak mampu menghadapi tuntutan di bidang pendidikan. Penelitian ini bertujuan menggambarkan stres akademik dan kualitas tidur pada mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Jakarta (FKM UMJ) angkatan 2021–2024. Desain penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan potong lintang menggunakan teknik simple random sampling yang melibatkan 119 responden. Hasil menunjukkan bahwa 84% responden memiliki kualitas tidur buruk, dan 55,5% mengalami stres akademik sedang hingga berat. Selain itu, hasil analisis Chi Square mengungkapkan adanya hubungan signifikan antara stres akademik dan kualitas tidur (p = 0,011, OR = 4,379). Berdasarkan temuan ini, mahasiswa disarankan untuk mengelola waktu akademik dan istirahat dengan baik guna mengurangi tekanan dan meningkatkan kualitas tidur.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025