JURNAL MUQODDIMAH : Jurnal Ilmu Sosial, Politik dan Hummaniora
Vol 9, No 1 (2025): Februari 2025

Wajah Pendidikan Multikultural Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Gunung Sitoli

Lubis, Lismaya (Unknown)
Hanum OK, Azizah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini membahas implementasi pendidikan multikultural di Madrasah Tsanawiyah Negeri Gunung Sitoli dengan pendekatan kualitatif dan desain studi kasus. Penelitian melibatkan 25 informan, termasuk kepala madrasah, guru, siswa, orang tua, dan tokoh masyarakat. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa madrasah ini berhasil mengintegrasikan nilai-nilai Islam dengan kearifan lokal melalui penguatan fondasi, ekspansi program, dan institutionalisasi. Keberhasilan program ini didukung oleh komitmen stakeholder, profesionalisme guru, keterlibatan masyarakat, dan evaluasi yang sistematis. Pendidikan multikultural di madrasah ini memperkuat sikap toleransi, pemahaman keberagaman, dan menciptakan budaya sekolah yang inklusif. Namun, tantangan yang dihadapi meliputi keterbatasan sumber belajar berbasis multikultural serta perbedaan pemahaman antarpendidik. Solusi yang diterapkan mencakup pelatihan guru, pengembangan kurikulum berbasis kearifan lokal, dan pemanfaatan teknologi digital. Model pendidikan multikultural yang diterapkan di MTsN Gunung Sitoli dapat menjadi rujukan bagi institusi pendidikan lainnya dalam menciptakan program serupa yang relevan dengan kebutuhan lokal.  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

muqoddimah

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Muqoddimah merupakan kumpulan penelitian ilmiah tentang Ilmu Sosial, khususnya yang berhubungan dengan disiplin Ilmu Sosial, Politik, Administrasi dan Humaniora, diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, tujuan pengembangan jurnal ...