Indo-Fintech Intellectuals: Journal of Economics and Business
Vol. 4 No. 6 (2024): Indo-Fintech Intellectuals: Journal of Economics and Business (2024)

Pengaruh Kualitas Layanan dan Inovasi Produk terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM di Sektor Pariwisata

Santoso, Fuji (Unknown)
Faisol, Faisol (Unknown)
Haryansyah, Septian Eko (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2025

Abstract

enelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan dan inovasi produk terhadap kepuasan pelanggan serta dampaknya dalam meningkatkan daya saing UMKM di sektor pariwisata. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan survei pada UMKM di daerah wisata Pulau Desa Mandangin, Kabupaten Sampang. Data diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan dan inovasi produk secara signifikan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, yang pada gilirannya meningkatkan daya saing UMKM. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memberikan rekomendasi strategi pemasaran dan inovasi bagi UMKM di sektor pariwisata.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ifi

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Indo-Fintech Intellectuals: Journal of Economics and Business (IFI-JEB) is a fully refereed (double-blind peer review) and an open-access online journal for academics, researchers, graduate students, early-career researchers and students, published by Lembaga Intelektual Muda (LIM) Maluku. IFI-JEB ...