AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Vol. 11 No. 3 (2024)

PERBANDINGAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL OLIMPIADE MATEMATIKA ANTARA METODE INDIVIDUAL LEARNING DAN COOPERATIVE LEARNING

iltavia iltavia (UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)
Asrina Mulyati (Unknown)
fathur Rahmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini membahas tentang: 1. Bagaimana kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal Olimpiade Matematika menggunakan model Individual learning? (2) Bagaimana kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal Olimpiade Matematika menggunakan model Cooperative learning? (3) Apakah terdapat perbedaan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal Olimpiade Matematika menggunakan model Individual learning dan Cooperative Learning?. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian quasi experimental design (eksperimen semu). Penelitian melibatkan dua kelompok eksperimen, yakni kelompok eksperimen I yang diberikan perlakuan individual learning dan kelompok eksperimen II yang diberikan perlakuan cooperative learning. Desain penelitian yang dilaksanakan yaitu posttest-only control design. Kegiatan penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 3 Bukittinggi dan SMP Padang Gelugur. Populasi dalam kegiatan penelitian ini adalah seluruh peserta yang mengikuti ekstrakurikuler tahun pembelajaran 2022/2023. Subjek yang akan diteliti diambil dari seluruh populasi dalam penelitian ini. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan soal olimpiade. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal olimpiade matematika dengan metode individual learning tergolong kategori cukup dengan rata-rata sebesar 67,13, (2) Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal olimpiade matematika dengan metode cooperative learning tergolong kategori cukup dengan rata-rata sebesar 52,60, (3) terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara model Individual learning dengan metode Cooperative Learning. Apabila dilihat dari rata-rata kelas, didapatkan hasil belajar individual learning lebih baik dari pada cooperative learning

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

AdMathEdust

Publisher

Subject

Mathematics

Description

The aim of the Ahmad Dahlan Mathematics Education Students (AdmathEduSt), p-ISSN 2355-8199, e-ISSN 2775-5746, is to provide an academics forum for the sharing, dissemination, and discussion of result research, experience, and perspectives across a wide range of mathematics education, applied ...