Tujuan penelitian untuk mengetahui hasil belajar keterampilan tendangan lurus pencak silat melalui model problem based learning pada peserta didik kelas IV UPT SD Negeri 159 Gresik tahu ajaran 2024-2025. Metode yang digunakan action research class dengan model siklus observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis dari pra siklus yaitu observasi awal diketahui nilai ketuntasan peserta didik kelas VI UPT SD Negeri 159 Gresik sebanyak 4 peserta didik (29%) yang tuntas sedangkan 10 peserta didik (71%) tidak tuntas dari total 14 peserta didik. Peningkatan hasil belajar keterampilan tendangan lurus pencak silat pada siklus 1 adalah 9 peserta didik (64%) sudah tuntas namun 5 peserta didik (36%) belum tuntas. Pada siklus 2 mengalami peningkatan hasil belajar keterampilan tendangan lurus pencak silat sangat signifikan dimana selurus peserta didik yang berjumlah 14 peserta didik (100%) sudah tuntas semua. Disimpulkan penerapan model problem based learning meningkatkan hasil belajar keterampilan tendangan lurus pencak silat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025