Tujuan dari penelitian ini yakni memaparkan peningkatan hasil belajar Pendidikan Pancasila dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Canva dikelas V SDN 114 Dusun Baru Siulak Kabupaten Kerinci. Pada penelitian ini mennggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru (peneliti) dan peserta didik berjumlah 18 orang terdiri dari 10 orang perempuan dan 8 orang laki- laki. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada: a) Modul Ajar siklus I diperoleh rata-rata 89,25% (B), dan pada siklus II 96,4% (SB). b) Hasil pelaksanaan pada aspek guru siklus I diperoleh rata-rata 89,25% (B), dan siklus II 96,4% (SB). c) Hasil pelaksanaan aspek peserta didik siklus I diperoleh rata-rata 85,71% (B),dan siklus II 96,42% (SB). d) Hasil belajar peserta didik siklus I diperoleh rata-rata 83,9 (B), dan siklus II meningkat jadi 92,8 (B). demikian, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Canva dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada
Copyrights © 2024