Cendikia Pendidikan
Vol. 12 No. 10 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan

ANALISIS DAMPAK PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA

Damanik, Hera Vani (Unknown)
Suhendro, Daniel Dwi (Unknown)
Yunus, Syarifudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2025

Abstract

The purpose of this study was to describe the impact of online learning on students' learning independence. This study uses a quantitative method with the research subjects being non-regular students of the YSC class at Indraprasta PGRI University. The data collection technique used was a survey using a questionnaire. The impact of online learning is a decrease in discipline, understanding and learning outcomes and student skills. The inhibiting factor is the expensive internet quota. The supporting factors are the existence of cellphones or laptops, internet networks, learning media, learning strategies and parental support. Other impacts for lecturers are not being able to supervise students directly, having to do bolstering, limited provision of motivation and advice, only being able to discuss the main points of learning materials, limited assignments. The impact on parents is the increase in parental duties, namely acting as teachers at home and having to spend money to provide online learning facilities for their children. Based on the results of research and data processing related to online learning on student learning independence, it can be concluded that online learning has a positive impact on student learning independence. Most respondents felt more independent in learning during online learning. Thus, it can be concluded that online learning has the potential to increase student learning independence. More targeted efforts need to be made to support the development of student learning independence in the context of online learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dampak pembelajaran daring terhadap kemandirian belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan subjek penelitian adalah mahasiswa non reguler kelas Y5C universitas Indraprasta PGRI. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah survei dengan menggunakan kuesioner. Dampak dari pembelajaran daring adalah menurunnya kedisiplinan, pemahaman dan hasil belajar serta keterampilan mahasiswa. Faktor penghambat nya adalah kuota internet yang mahal. Adapun faktor pendukungnya adalah keberadaan handphone atau laptop, jaringan internet, media pembelajaran, strategi pembelajaran dan dukungan orang tua. Dampak lainnya bagi dosen adalah tidak bisa mengawasi mahasiswa secara langsung, harus melakukan Guling, terbatasnya pemberian motivasi dan nasehat, hanya bisa membahas pokok- pokok materi pembelajaran, pemberian tugas terbatas. Dampak bagi orang tua adalah bertambahnya tugas orang tua yaitu berperan sebagai guru di rumah dan harus mengeluarkan uang untuk menyediakan fasilitas belajar daring bagi anak mereka. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data terkait dengan pembelajaran daring terhadap kemandirian belajar mahasiswa maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring memiliki dampak positif terhadap kemandirian belajar mahasiswa. Sebagian besar responden merasa lebih mandiri dalam belajar selama pembelajaran daring. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring memiliki potensi untuk meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa. Perlu dilakukan upaya yang lebih terarah untuk mendukung pengembangan kemandirian belajar mahasiswa dalam konteks pembelajaran daring.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...