Rendahnya “disiplin belajar siswa serta lingkungan belajar yang kurang mendukung merupakan salah satu faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Peningkatan disiplin belajar dan lingkungan belajar yang baik tidak hanya melibatkan guru dan sekolah, tetapi juga harus didukung oleh peran orang tua. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan hasil belajara siswa sesuai dengan tuntutan. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh disiplin belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VII SMPN Kota Baru Kabupaten Timor Tengah Utara Tahun Pelajaran 2024/2025. Pendekatan kuantitatif diguanakn dalam penelitian ini dengan menggunakan statistik bertujuan untuk mengetahui hubungan variabel bebas (X) yang mencakup disiplin dan lingkungan belajar dengan variabel terikat (Y) yaitu hasil belajar. Populasi penelitian yaitu siswa kelas VII SMPN Kota Baru Kabupaten Timor Tengah Utara sedangkan lokasi penelitian ini, diambil dari sampel siswa kelas VII SMPN Kota Baru Kabupaten Timor Tengah Utara sebanyak 60 orang dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan regresi regresi ganda. Kesimpulan penelitian ini yaitu : terdapat pengaruh yang bermakna disiplin terhadap hasil belajar SMPN Kota Baru Kabupaten Timor Tengah Utara, thitung 5.592, semakin tinggi disiplin belajar siswa semakin tinggi hasil belajar siswa. Terdapat pengaruh yang bermakna lingkungan terhadap hasil belajar SMPN Kota Baru Kabupaten Timor Tengah Utara, thitung 4.876> ttabel = 1.67155,” semakin baik lingkungan belajar siswa maka semakin baik hasil belajar siswa. Orang tua diharapkan berkontribusi lebih dalam meningkatkan disiplin dan lingkungan belajar siswa, terutama saat siswa berada di lingkungan keluarga.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025