Cendikia Pendidikan
Vol. 12 No. 11 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan

PENGARUH PELATIHAN MENULIS KARYA ILMIAH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS MAHASISWA

Febriani, Nada’a Rizka (Unknown)
Aryati, Dila (Unknown)
Yunus, Syarifudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2025

Abstract

This study aims to determine the impact of scientific writing training on students’ writing skills. The research method employed is descriptive quantitative survey using a questionnaire as the data collection instrument. The respondents consisted of 21 students who participated in the scientific writing training. Data were analyzed using descriptive and inferential statistical techniques to identify changes in writing skills before and after the training. The results indicate that the training had a positive effect on improving students’ writing skills. A total of 85% of respondents reported an increased understanding of the structure of scientific writing., while 90% felt more confident in constructing academic arguments. Additionally, the average score of students ‘writing skills increased by 25% after the training compared to before. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan menulis karya ilmiah terhadap kemampuan menulis mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah survei deskriptif kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Responden dalam penelitian ini berjumlah 21 mahasiswa yang telah mengikuti pelatihan menulis karya ilmiah. Data dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dan inferensial untuk mengidentifikasi perubahan kemampuan menulis sebelum dan setelah pelatihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan memberikan dampak positif terhadap peningkatan kemampuan menulis mahasiswa. Sebanyak 85% responden melaporkan peningkatan pemahaman terhadap struktur penulis karya ilmiah, sedangkan 90% responden merasa lebih percaya diri dalam menyusun argumen akademik. Selain itu, rata-rata skor kemampuan menulis mahasiswa meningkat sebesar 25% setelah pelatihan dibandingkan sebelumnya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...