JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Berbasis Permainan Kartu pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bilangan Berpangkat Dua di Kelas IV-A SD N 064023 Medan Tuntungan

Hutahaean, Berman (Unknown)
Sihotang, Cicilia Anastasi Br (Unknown)
Sirait, Dinda Sari (Unknown)
AD, Maulina M. (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbasis permainan kartu dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada subtopik bilangan berpangkat dua di mata pelajaran matematika kelas IV-A SDN 064023 Medan Tuntungan. Jenis penelitian ini adalah PTK adalah penelitian tindakan (action research) yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelasnya yang terdiri dari empat langkah yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksaan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV-A SD Fase C yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbasis permainan kartu efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi bilangan berpangkat dua. Pada Siklus I, meskipun ada peningkatan hasil belajar, hanya 50% siswa yang tuntas, sementara pada Siklus II, semua peserta didik (100%) berhasil mencapai ketuntasan dengan rata-rata nilai yang lebih tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbasis permainan kartu mampu meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran matematika kelas IV-A SDN 064023 Medan Tuntungan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...