JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Pengembangan Media Berbasis Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Capcut Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SDN 050587

Zahra, Fatimah (Unknown)
Rozi, Fahrur (Unknown)
Jelita, Lala (Unknown)
Ambarita, Dody F. Pandimun (Unknown)
Nasution, Yusra (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan konten video edukasi yang memenuhi syarat kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan dengan memanfaatkan program CapCut untuk mengajarkan kepada siswa kelas IV sekolah dasar tentang pentingnya untuk selalu berhemat energi. Pendekatan R&D (Research and Development) digunakan dalam penelitian pengembangan ini dengan menggunakan pendekatan ADDIE, yaitu singkatan dari analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Dalam penelitian ini, tes, wawancara, dan observasi digunakan sebagai metode pengumpulan data. Dengan menggunakan program CapCut, penelitian dan pengembangan ini menghasilkan konten video pembelajaran untuk tema 2 susbtema 2 pembelajaran 1 kelas IV SD Negeri 050587 Selesai. Hasil analisis menunjukkan bahwa ahli materi, ahli media, dan ahli kepraktisan telah memvalidkan video pembelajaran yang dibuat dengan aplikasi CapCut ini. Pada validasi oleh ahli materi memperoleh nilai persentase 86%, validasi oleh ahli media mendapatkan nilai persentase senilai 82%, serta validasi oleh ahli praktikalitas memperoleh nilai persentase senilai 80%. Dan lalam hal ini dapat termasuk dalam kualifikasi sangat valid, praktis dan sangat efektif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...