JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Desing E-LKPD Based on Guided Inquiry Model to Improve Critical Thinking Skills of High School Students

Fadila, Siti Zahratul (Unknown)
Festiyed, Festiyed (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2025

Abstract

Perubahan dalam pendidikan abad ke-21 mengharuskan siswa untuk memiliki empat C: komunikasi, kerja sama tim, berpikir kritis, dan pemecahan masalah. Kemampuan berpikir kritis siswa pada muatan statis cair masih rendah, dan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada guru masih banyak digunakan di sekolah. Proses pembelajaran di sekolah masih didominasi guru dengan menggunakan teknik ceramah, dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi fluida statis masih rendah. Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, E-LKPD berbasis model inkuiri terbimbing perlu dikembangkan, divalidasi, dan dipraktikkan. Model desain pembelajaran Dick and Carey digunakan dalam bentuk desain pembelajaran ini. Ada sepuluh langkah dalam model desain pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, uji praktikalitas memperoleh nilai 0,96 dengan kategori “sangat praktis” sedangkan uji validitas memperoleh nilai 0,95 dengan kategori “sangat valid”.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...