Prokrastinasi akademik merupakan perilaku atau kebiasaan menunda dalam mengerjakan tugas-tugas akademik hingga batas akhir waktu yang telah ditentukan. Salah satu tugas akademik yang paling sering ditunda pengerjaannya adalah skripsi. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran faktor penyebab prokrastinasi akademik yang dilakukan oleh mahasiswa semester akhir dalam mengerjakan skripsi, serta rekomendasi intervensi yang tepat dalam mengurangi perilaku tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriftif dengan tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Subjek penelitian ini berjumlah 10 orang mahasiswa dengan kriteria yaitu mahasiswa aktif STKIP Hamzar yang sedang menempuh skripsi lebih dari satu tahun. Hasil penelitian ini menemukan bahwa faktor penyebab prokrastinasi akademik dikalangan mahasiswa semester akhir dalam mengerjakan skripsi adalah buruknya menejemen waktu, merasa kesulitan dalam mengerjakan skripsi, motivasi dan daya juang yang rendah, serta perubahan mood. Peneliti merekomendasikan terapi CBT sebagai upaya mengurangi perilaku prokrastinasi akademik pada mahasiswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023