Jurnal Manajemen Almatama
Vol. 2 No. 2 (2023): September

ANALISIS PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN PENGEMBANGAN KARIER TERHADAP KINERJA KARYAWAN MELALUI KEPUASAN KERJA KARYAWAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PT CENTRAL MALL KELOLA

Chaedar Ferdiyansyah (Unknown)
Siti Marliah (Unknown)
Meikol Benned (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2024

Abstract

Tujuan Penelitian adalah penguji pengaruh gaya kepemipinan, penggembangan karier terhadap kepuasan kerja karyawan dan menguji pengaruh gaya kepemipinan, penggembangan karier terhadap kinerja karyawan, selanjutnya menguji pengaruh kepuasan kerja karyawan terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini juga menguji pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja sebagai variabel intervening dan menguji pengaruh pengembangan karier terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja karyawan sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan metode desktiptif dengan pendekatan kuantitatif asosiatif dengan jumlah sampel 120 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial gaya kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja tetapi pengembangan karir berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan kerja. Gaya kepemimpinan berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja karyawan namun pengembangan karier berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan selanjutnya Kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Kepuasan Kerja adalah variabel intervening antara Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan, karena pengaruh tidak langsung lebih besar dari pengaruh langsung. Kepuasan Kerja bukan variabel intervening antara Pengembangan Karier terhadap Kinerja Karyawan, karena tidak langsung lebih kecil dari pengaruh langsung.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jma

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

This journal contains research articles, conceptual development, critical review relating to the fields of management and business, such as the Human Resource Management, Marketing, Operational, Information System Management, Entrepreneurship, and Finance in the service ...