Jurnal Manajemen Almatama
Vol. 3 No. 1 (2024): Maret

PENGARUH MEMORABILITY, MEANINGFULNESS, LIKABILITY, ADAPTABILITY, DAN PROTECTABILITY IKLAN TOKOPEDIA DI TELEVISI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAHASISWA/I STIE BISNIS INDONESIA CENGKARENG

Indra Setia Romadlon (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis Indonesia)
Siti Marliah (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis Indonesia)
Meikol Benned (Sekolah Tinggi Penerbangan Aviasi)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh memorability, meaningfulness, likability, adaptability, dan protectability terhadap keputusan pembelian di Tokopedia pada mahasiswa/i STIE Bisnis Indonesia Cengkareng. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa/i STIE Bisnis Indonesia Cengkareng jurusan manajemen angkatan 2017 yang berjumlah 92 mahasiswa/i yang mendengar jingle iklan Tokopedia di televisi, sedangkan dalam pengambilan sampel menggunakan metode probability sampling dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 75 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan data kuesioner. Hasil uji T menunjukkan memorability berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian dengan sig 0.046 < 0.05, meaningfulness berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian dengan sig 0.037 < 0.05, likability berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian dengan sig 0.047 < 0.05, adaptability berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian dengan sig 0.964 > 0.05, protectability berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian dengan sig 0.005 < 0.05, dan berdasarkan hasil uji F memorability, meaningfulness, likability, adaptability, dan protectability secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan sig 0.000 < 0.05.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jma

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

This journal contains research articles, conceptual development, critical review relating to the fields of management and business, such as the Human Resource Management, Marketing, Operational, Information System Management, Entrepreneurship, and Finance in the service ...