MIMBAR PGSD FLOBAMORATA
Vol. 1 No. 4 (2023): Mimbar PGSD Flobamorata

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ROLE REVLESAL QUESTION DALAM MENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA 7 INDAHNYA KEBERAGAMAN DINEGERIKU KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 2 KUPANG

Desi Marsela Nada (Universitas Muhammadiyah Kupang)
Arifin (Universitas Muhammadiyah Kupang)
Suryadin Hasyda (Universitas Muhammadiyah Kupang)
Julhidayat Muhsam (Universitas Muhammadiyah Kupang)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2023

Abstract

Peneliti bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada tema 7 indahnya keberagaman dinegeriku kelas IV SD Muhammadiyah 2 Kupang tahun ajaran 2022/2023 melalui penerapan metode role reversal question. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SD Muhammadiyah 2 kupang dari tanggal 25 mei sampai 03 juni 2023 dengan subjek penelitian yakni siswa kelas IV SD Muhammadiyah 2 kupang tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 20 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan hasil belajar dan lembar observasi, dokumentasi dan pengamatan keaktifan belajar peserta didik. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan dengan metode role reversal question. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan setelah diterapkannya metode role reversal question pada tema 7 indahnya keberagaman dinegeriku. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik siklus I diperoleh presentase ketuntasan belajar peserta didik 30% dengan nilai rata-rata 50%. Sedangkan pada siklus II diperoleh presentase ketuntasan hasil belajar peserta didik 85% . Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan dan dikatakan sudah mencapai indikator keberhasilan. Dengan demikian penelitian tindakan kelas ini berhasil, sehingga peneliti menyatakan bahwa penerapan metode role reversal question dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

mpf

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Focus dan scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may ...