MIMBAR PGSD FLOBAMORATA
Vol. 2 No. 2 (2024): Mimbar PGSD Flobamorata

Penerapan Model Pembelajaran Cooperative integrated reading composition (CIRC) dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Siswa Kelas IV SD Negeri Oesepa Kecil 2 Kupang

Nuril Asrad (Universitas Muhammadiyah Kupang)
Julhidayat Muhsam (Universitas Muhammadiyah Kupang)
Rizqy Amelia Ramadhaniyah Ahmad (Universitas Muhammadiyah Kupang)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman melalui model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) pada peserta didik kelas IV SDN Oesapa Kecil 2 Kota Kupang. Metode dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil capaian pada observasi awal menunjukkan bahwa, dari 26 peserta didik hanya 8 (27%) peserta didik termasuk pada kategori mampu membaca. Pada siklus I sebanyak 18 (69,23%) peserta didik yang mampu membaca. Jumlah dan presentase tersebut meningkat pada siklus II menjadi (89%) peserta didik yang mampu membaca. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa melalui model cooperative integrated reading and composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan membaca peserta didik kelas IV SDN Oesapa Kecil 2 Kota Kupang

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mpf

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Focus dan scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may ...