Lensa Pendas
Vol 4 No 2 (2019): September

Barriers to Communication Principal Teachers and Parents in Realizing Character Education

Syamsul Bahri (STKIP NASIONAL Padang Pariaman)
Sepni Wita (STKIP NASIONAL Padang Pariaman)
Ernita Arif (Universitas Andalas)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hambatan komunikasi komunikasi kepala sekolah dan guru dengan orang tua untuk mewujudkan pendidikan karakter, didesain sebagai penelitian kualitatif. Penelitian dilakukan di lembaga pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Gunung Pangilun Kota Padang. Informan penelitian adalah pimpinan lembaga pendidikan, Guru dan Orang Tua Siswa. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Data yang terkumpul dianalisis model interaktif milik Miles dan Huberman, dimana aktivitas dalam analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus-menerus sampai tuntas, sehingga datanya jenuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah dan orang tua melakukan komunikasi dengan orang tua melalui rapat, pengambilan raport, buku penghubung dan media sosial. Hambatan yang dihadapi oleh kepala sekolah dan guru dalam berkomunikasi dengan orang tua adalah pada umumnya orang tua sibuk sehingga tidak semua orang tua dapat terlibat dalam rapat dan pertemuan lainnya. Media yang digunakan seperti buku penghubung belum dioptimalkan dalam penerapan pendidikan karakter

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

lensapendas

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Lensa Pendas merupakan majalah publikasi artikel ilmiah Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang memuat karya tulis ilmiah berkaitan dengan IPTEK terkait dengan pendidikan dasar, ditulis sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan ilmiah serta diterbitkan secara berkala. Lensa Pendas menjadi ...