Journal Juris Sinergi
Vol. 1 No. 2 (2024): JSJ-September

KONSEP PENDIDIKAN AQIDAH MENURUT PERSPEKTIF PEMIKIRAN SYEKH ABDULLAH AL HARARI

Alpi Syahri Siregar (Unknown)
Tuti Alawiyah (Unknown)
Indra Suardi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Pendidikan aqidah merupakan elemen fundamental dalam membangun karakter dan identitas keislaman individu Muslim. Penelitian ini mengkaji konsep pendidikan aqidah menurut pemikiran Syekh Abdullah Al-Harari, seorang ulama yang menekankan pentingnya akidah yang benar sebagai landasan hidup seorang Muslim. Melalui metode penelitian kepustakaan, penelitian ini menganalisis kontribusi pemikiran beliau dalam membentuk individu dan masyarakat yang beriman, berkarakter, dan berakhlak mulia. Pemikiran Syekh Al-Harari mencakup penguatan dasar keimanan, internalisasi nilai-nilai Islam, relevansi pendidikan akidah dalam menghadapi tantangan globalisasi, serta integrasi dimensi tasawuf untuk pembinaan jiwa. Pendidikan aqidah dalam pandangan beliau tidak hanya sebagai transfer pengetahuan teologis, tetapi juga sebagai proses pembentukan moral dan spiritual yang relevan di tengah masyarakat modern. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan aqidah menurut Syekh Abdullah Al-Harari dapat menjadi benteng ideologis dan spiritual yang kuat untuk menghadapi tantangan modernitas dan globalisasi, sekaligus menciptakan generasi Muslim yang berakhlak mulia dan berkomitmen terhadap nilai-nilai Islam.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jsj

Publisher

Subject

Humanities Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Juris Sinergi Journal (JSJ) merupakan jurnal hukum yang berfokus pada penelitian interdisipliner dalam bidang hukum. Jurnal ini menyediakan platform bagi para peneliti untuk menerbitkan karya-karya yang menyinergikan berbagai aspek hukum dengan disiplin ilmu lain, mencakup studi kasus, teori hukum, ...