Penelitian ini bertujuan untuk mengeplorasi desain pengembangan literasi numerasi berbasis sekolah dan berbasis kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif. Peneliti mengeksplorasi dan menggambarkan aktivitas pengembangan literasi numerasi mulai dari perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi pengembangan literasi berbasis sekolah dan berbasis kelas di Madrasah Tsnawiyah Al Khidmah Ngronggot. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan literasi berbasis sekolah tertumpu pada kebijakan kepala madrasah yang menerapkan gerakan membaca dan menulis, menggunakan komputer, mengakses internet sebagai sumber belajar, serta mengadakan kunjungan ke Destinasi setempat. Sementara literasi berbasis kelas ditempuh dengan mengintensifkan pembelajaran matematika di kelas, mengenalkan pembelajaran daring, membangun kemampuan menggunakan perhitungan dalam kehidupan, membiasakan berinteraksi dengan lingkungan sekitar, dan berpikir logis kreatif
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024