Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences
Vol. 5 No. 1 (2024): Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, March 2024

Desain Pengembangan Literasi Numerasi Berbasis Kelas

Badrus (Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri)
Mohammad Auza'i Aqib (Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeplorasi desain pengembangan literasi numerasi berbasis sekolah dan berbasis kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif. Peneliti mengeksplorasi dan menggambarkan aktivitas pengembangan literasi numerasi mulai dari perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi pengembangan literasi berbasis sekolah dan berbasis kelas di Madrasah Tsnawiyah Al Khidmah Ngronggot. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan literasi berbasis sekolah tertumpu pada kebijakan kepala madrasah yang menerapkan gerakan membaca dan menulis, menggunakan komputer, mengakses internet sebagai sumber belajar, serta mengadakan kunjungan ke Destinasi setempat. Sementara literasi berbasis kelas ditempuh dengan mengintensifkan pembelajaran matematika di kelas, mengenalkan pembelajaran daring, membangun kemampuan menggunakan perhitungan dalam kehidupan, membiasakan berinteraksi dengan lingkungan sekitar, dan berpikir logis kreatif

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

IJHSS

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences The Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences is open access and peer-reviewed journal. The journal is a peer-reviewed, international, and interdisciplinary journal publishing research articles and significant contributions to social ...