JBES Journal of Biology Education and Science
Vol 3 No 1 (2023): JBES: Journal Of Biology Education And Science,

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan kemapuan berpikir kritis peserta didik kelas VII SMP Islam Samargalilah Labuha Kabupaten Halmahera Selatan

Taher, Taufiq (Unknown)
Kasman, Rifai (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 May 2023

Abstract

Pendidikan dipercaya sebagai usaha yang sengaja dan terencana untuk membantu perkembangan potensi dan kemampuan anak agar bermanfaat bagi kepentingan hidupnya. Dengan pendidikan maka sebagai seorang individu yang tidak berdaya pada saat permulaan kehidupan mampu menjadi suatu pribadi yang berdiri sendiri (mandiri) dan sebagai warga Negara atau masyarakat. Dengan kata lain, pendidikan dipandang mempunyai peranan yang besar dalam mencapai kebehasilan dalam perkembangan anak. Jika hal ini dibiarkan maka peserta didik akan mengalami kesulitan dalam memahami materi dan motivasi dalam diri peserta didik untuk belajar lambat laun akan menurun. Dari pendapat di atas menunjukkan bahwa memiliki peran yang sangat penting dalam proses belajar mengajar Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), guna mengetahui Pembelajaran Kooperatif tipe NHT untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Kelas VII SMP Islam Samargalilah Labuha. Berdasarkan hasil penelitian Penerapan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII SMP Islam Samargalilah Labuha. Rerata klasikal persentase ketuntasan hasil belajar klasikal pada siklus I skor rerata klasikalnya sebesar 58,5 hasil belajar ini belum memusakan, pada siklus II rerata klasikal menjadi 75,5 dengan hasil ini maka sudah sesuai dengan belajar tuntas.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jbes

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Environmental Science Immunology & microbiology Neuroscience

Description

JBES adalahterbitan berkala ilmiah (ISSN: 2808-019X) yang menyajikan publikasikan artikel-artikel ilmiah yang meliputi tema Pendidikan Biologi dan Sain Biologi. Jurnal ini terbit 3 kali dalam setahun, yakni pada bulan Januari, Juli, dan November. Fokus dari jurnal ini adalah untuk menerbitkan ...