Hadlonah : Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak
Vol 3 No 2 (2022): Hadlonah : Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak

Pengaruh Permainan Tradisional Mallogo dan Tokotokodiang Terhadap Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Galesong

Fadhilah Latief (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Hijriah Hijriah (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2022

Abstract

Pengaruh Permainan Tradisional Makassar Mallogo and Tokotokodiang Terhadap Kemampuan Sosial Emosional Pada Anak Kelompok B1 Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Galesong Kabupaten Takalar. Masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana Pengaruh Permainan Tradisional Makassar Mallogo and Tokotokodiang Terhadap Kemampuan Sosial Emosional Pada Anak Kelompok B1 Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Galesong Kabupaten Takalar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan sosial emosional anak usia dini pada kelompok B1 di Taman Kanak-kanak Pertiwi Galesong sebelum dan sesudah penerapan permainan tradisional dan untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional dalam meningkatkan kemampuan sosial emosional anak usia dini pada kelompok B1 di Taman Kanak-kanak Pertiwi Galesong. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen metode pre-eksperimental design yang menggunakan desain One Group Pretest-Posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pada Pretest diperoleh skor 5,64 dan pada saat Posttest nilai rata-rata diperoleh 10. Kemudian didukung pula dengan hasil perhitungan dengan menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test pada program SPSS diperoleh nilai Asymp sig (2-tailed) sebesar 0,001 disini didapat probabilitas dibawah 0,05 atau p< 0,05 yang berarti H0 ditolak atau tidak terdapat pengaruh. Sesuai dengan jika probabilitas (Asymp.sig) < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima atau terdapat pengaruh permainan tradisional Makassar (Tokotokodiang dan Mallogo).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

hadlonah

Publisher

Subject

Education

Description

Hadlonah: Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak is peer-reviewer journal tha focuses on the issue of Islamic Early Childhood Education. Investigated the dynamics of learning of children at the Early Childhood Education (TK, RA, KB, SPS). Hadlonah: Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak is a ...